Tertawa Bahagia

KOMPAS.com - Orang tertawa karena mendengar atau melihat sesuatu yang lucu. Efeknya, orang tersebut bisa terhibur bahkan merasa bahagia. Dari sisi kesehatan, tertawa itu menyehatkan. Menurut penelitian, tertawa dapat meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan harapan hidup serta mengurangi rasa sakit.

Ketika seseorang tertawa, tubuh akan melepaskan neurontransmitter dan hormon yang dapat mengurangi hormon penyebab stres yakni kortisol dan adrnealin. Pada gilirannya, pelepasan ini membantu menurunkan tekanan darah. Saat tertawa, otot-otot seperti otot perut, wajah, kaki, dan punggung ikut bergerak. Selain itu, tertawa juga membuat paru-paru lebih berkembang sehingga lebih mudah bernapas.

Dampak positif dari tertawa ini memberi dorongan bagi sistem kardiovaskular tubuh. Pembuluh darah lancar karena tertawa menyebabkan darah lancar mengalir. Tertawa juga menyeimbangkan otak kanan dan kiri saat menanggapi sebuah lelucon.

Jantung sehat

Jika Anda ingin mengurangi risiko masalah penyakit jantung, cobalah dengan menonton film lucu. Rekomendasi penelitian dari Universitas Maryland menyarankan, tertawa sekitar 15 menit karena film dapat melancarkan pembuluh darah serta meningkatkan aliran darah.Menonton acara yang membuat Anda bisa tertawa sekitar 40 menit setelah makan dapat membatasi kenaikan kadar glukosa darah. Para peneliti percaya jika Anda tertawa, emosi positif akan muncul yang mempengaruhi sistem endokrin pada tubuh.

Tertawa juga membuat usia lebih lama. Sebuah studi terhadap 500 orang lebih yang berusia 95 tahun keatas menemukan, kepribadian yang santai, optimis, dan menikmati saat tertawa akan berumur lebih panjang. Namun, para peneliti belum mengetahui secara pasti dimana letak kaitannya.

"Ketika kami meneliti kepribadian 243 orang yang berusia lebih dari 100 tahun, kami menemukan kualitas yang mencerminkan sikap positif memandang kehidupan," kata Dr. Nir Barzilai dari Universitas Yeshiva, Amerika Serikat.

"Sebagian besar dari mereka hidup dengan rasa optimis besar dan santai. Mereka menganggap tertawa adalah bagian penting dalam hidup," jelasnya.

sumber : http://www.ninemsn.com/

7 Alasan Tertawa itu Sehat

Ada 7 alasan yang mendukung
tertawa itu sehat!

Apa-apa aja?
1.Tertawa terbahak-bahak selama1menit sama dengan 10menit aerobik;10menit mengayuh sepeda. Sama-sama mengucurkan byk keringat karena merangsang jantung dan peredaran darah.Tertawa terbahak-bahak selama 20detik punya efek sama dengan 3menit mendayung dan jogging.

2.Sekitar 80otot digunakan ketika kita tertawa sempurna sampai terpingkal-pingkal.Usai tertawa,tekanan darah dan kekebalan tubuh meningkat.Endorphin sbg "Obat Penenang alami" yg diproduksi otak melahirkan rasa nyaman..

3.Tdk ada yg selalu tertawa,hanya mereka lebih mudah tertawa.Eupharia namanya.

4.Belum pernah ada kejadian yg tertawa tdk bisa menutup mulutnya kembali.Lain halnya dengan membuka mulut lebar2,itu bukan tertawa.

5.Makin dewasa,org makin perlu tertawa.
6.Org yg berpenyakit jantung umumnya kurang tertawa. Menurut peneliti disebuah Universitas diBaltimore.

7.Penyembuhan dengan humor ala badut(dgn hidung merah) hingga kini masih byk digunakan.Karena terbukti ampuh mendukung kesembuhan para pasiennya.

Jadi,tidak ada alasan utk tidak tertawa hari ini...
Tertawa=Sehat!!!
sumber : http://m.thecrowdvoice.com/post/7-alasan-tertawa-itu-sehat-2241252.html
Tertawa menyehatkan (Foto - zivotna-skola)
Tertawa meningkatkan aliran darah
JAKARTA, Jaringnews.com - Tetawa berpengaruh positif untuk kesehatan. Tertawa dapat menyehatkan jantung. Apa alasannya sehingga tertawa disebut menyehatkan?
Yuk simak ulasannya seperti dilansir magforwomen berikut ini:

1. Merasakan kesenangan
Yang menyenangkan adalah ketika Anda bertemu orang-orang dengan senyum di wajah mereka. Ketika kita bahagia, kita mengekspresikannya dengan tertawa atau tersenyum. Hal ini selain membuat keadaan psikis lebih santai, juga membuat orang lain di sekitar kita lebih baik.

2. Sehat bagi jantung
Tertawa meningkatkan aliran darah. Ini membantu tubuh kita rileks dan membantu kita terbebas dari stres. Di sisi lain, stres dan kesedihan hanya akan menambah beban pikiran yang dapat menyebabkan serangan jantung.

3. Senyum menunjukkan kesehatan yang baik
Biasanya orang yang bugar akan terlihat segar dan bersemangat. Tertawa membantu mereka memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik, sehingga ia berenergi dan membebaskannya dari serangan bibit penyakit

4. Sains mendukung tertawa keras
Ilmuan mengusulkan untuk tertawa terbahak-bahak. Sistem saraf di otak akan melepaskan zat kimia yang mempengaruhi emosi kita, bagaimana harus bersikap dan bagaimana kita merasa. Belakangan, dokter telah mulai menggunakan terapi tawa bagi pasien yang mengalami stres dan depresi.

Jadi, tertawa memiliki manfaat bukan? Mulai sekarang jangan pelit tertawa.

Sumber : http://jaringnews.com/hidup-sehat/bugar/49388/-alasan-tertawa-itu-sehat


Banyak sekali artikel yang membahas manfaat tertawa itu sehat.
sayang sekali ada beberapa peraturan tidak tertulis, kode etik, adat dan kebiasaan yang tidak membolehkan seseorang untuk tidak tertawa. ada pula yang tidak membiasakan dirinya tertawa karena tidak pd kontur wajahnya menarik saat tertawa, contohnya : saat tertawa menutup bibir atawa muka.

kepalsuan tertawa jg sering kita temui terkadang melihat sesuatu yang menggemaskan kita selalu bilang ih lucu ya,.. hihihihi,..

banyak faktor yang menyebabkan orang tertawa, mulai dari jokes, sampai parodi kasar, maupun hanya bunyi" tertentu di moment tertentu, salah pengertian antara 2 orang yang belum kenal tetapi langsung menarik satu sama lain, musik, sentuhan, dan sebagainya.

untuk saya, kebetulan saya punya banyak pengalaman hal yang dapat membuat saya bahagia (baca : tertawa).

mulai dari nonton film drama komedi
quotes yang unik
meme yang garing
jokes yang garing dr mc
suara kentut
suara sendawa
nonton stand up komedi
mendengar miss komunikasi
humor komik
humor novel
mendengar cerita lucu
menceritakan hal lucu
mendengarkan tertawa orang lain yang tertawa karena kita
melihat orang tertawa karena hal yang kita lakukan
mendengar cerita konyol
mendengar cerita dengan suara dan intonasi unik
melihat mimik orang yg bercerita lucu
ceramah yang lucu
joget lucu dari harlem shake
masih banyak lg.


karena bahagia merupakan hal simpel, sesimpel tertawa.

0 comments: