Terima Kasih

Terima Kasih, Suatu kata yang sangat mudah di ucapkan tetapi jarang dilakukan,... 
bertolak dari kejadian pagi ini, saya hampir lupa untuk berterima kasih kepada setiap orang di sekitar saya karena beberapa bantuan mereka.
seperti biasa, jalur kuningan arah gatot subroto macet untuk jam 07.00 - 09.00 di dalam perjalanan yang macet, sering sekali saya melihat beberapa pengendara baik motor dan mobil lupa bagaimana harus mengucapkan atau membahasakan tubuhnya untuk berterima kasih. Kebiasaan ini seharusnya sudah harus di tinggkatkan, seperti misal, ada kendaraan lain yang mempersilahkan kita untuk jalan duluan di jalur mereka, bagi saya pengendara motor karena ga mungkin mengangkat tangan, maka saya sering sedikit merundukan kepala (entah di liat / di pahami atau enggak). apabila dalam hal berlawanan arah, saya masih sering mengangkat jari untuk sekedar menyapa / berterima kasih utnuk berhenti dan mempersilahkan saya lewat dahulu.
Kebiasaan berterimakasih ini sebenarnya bukan untuk orang yang kita berikan ucapan, tetapi untuk diri kita sendiri. saya merasakannya loh, (kenapa ambil contoh selalu saya, karena saya merasa saya masih banyak kekurangannya dan menjadi takaran contoh yang paling minimal). seketika berada di tempat yang dibawah garis penghasilan umr, banyak dari mereka yang di suruh dan di bentak untuk melakukan sesuatu (anak - orang tua, teman - teman, kakak - adik, anak - orang tua), tanpa mengucapkan terima kasih setelah permintaannya di penuhi oleh yg disuruh. hal tersebut terbawa selalu sampai yg di suruh beranjak besar, bermasyarakat. yang saya dapat adalah, kemudahan untuk menyuruh dan memaksa tanpa ada perlawanan dan imbalan. inilah yang menjadikan orang - orang pesuruh menjadi malas. apa hubungannya ? menurut saya setiap pekerjaan yang kita limpahkan ke orang lain itu harus disertai imbalan, dan kata Terima Kasih adalah imbalan termudah dan terbaik, termurah pula. dari sekedar mengucapkan terima kasih, kita jg sadar bahwa hal tersebut dapat di kerjakan sendiri, ada perasaan iba dan menghargai sesama dari segi ucapan terima kasih yang sering di ucapkan.
mungkin dari kalangan tempat yang dibawah garis penghasilan umr, Martapura III, salah satu daerah kumuh yang berada di tengah kota yang megah. memandang gedung mewah dari bawah atap seng tanpa tembok, tempat saya nongkrong. itulah hikmah yang bisa saya petik.
so.. kenapa kita tidak membiasakan mengucapkan Terima Kasih kepada setiap bantuan yang kita terima ?
Kata itu tidak mahal, namun sulit terucap bagi beberapa orang.


Terima Kasih


Penulis

0 comments: